Kamis, 13 November 2014
One komentar

Cara Membuat Anak Semangat Sarapan Pagi

08.00

Banyak orang melupakan betapa pentingnya sarapa pagi. Dengan tingkat kesibukan di pagi hari, misalnya anak-anak berangkat kesekolah bersama orang tua yang berangkat bekerja, Kesibukan pagi hari sering kali membuat orang mengabaikan sarapan pagi.

Anak-anak dalam masa pertumbuhan sangat memerlukan gizi yang cukup agar kesehatan tetap optimal dan bisa mengikuti pelajaran dengan baik di sekolah. Biasanya anak - anak tidak bersemangat sarapan, dengan alasan masih mengatuk, makan terburu - buru takut terlambat kesekolah atau merasa belum lapar.

Untuk mengatasi hal itu, tentungan sebagai orang tua perlu memahami dan memilih cara agar si anak semangat untuk sarapan pagi. Yakni dengan memberhatikan porsi sarapan, jangan terlalu banyak atau sedikit jadi harus pas. Porsi makan terlalu banyak membuat anak merasa mengantuk karena aliran darah lebih banyak berpusat diperut dan menghambat aliran darah ke otak. Sedangkan, sarapan terlalu sedikit membuat anak merasa kelaparan sehingga tidak mampu menyerap pelajaran dengan baik.

Pada dasarnya semua anak membutuhkan semua jenis zat gizi, seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan serat. Menu sarapan sebenarnya sama dengan menu sehari-hari. Namun, porsi sarapan untuk anak-anak biasanya 20-25% dari total makanan yang disantap sehari. Menu makanan yang dipilih untuk jenis karbohidrat bisa bervariasi seperti nasi, sereal, roti pasta ataupun mie. Baca juga tips untuk menghilangkan racun pada mie instan. Untuk protein bisa daging, ayam, telur maupun tahu dan tempe, Jangan lupa menambahkan sayuran yang mengandung serat. 

Tips membuat anak semangat sarapan pagi:
  1. Praktis, artinya sarapan harus dapat disiapkan dalam waktu singkat sehingga tidak merepotkan para ibu.
  2. Bervariasi, artinya berganti-ganti menu dan tidak menyajikan makanan yang sama terus setiap pagi.
  3. Kreatif, artinya walaupun pilihan bahan makanan terbatas, sajikan makan pagi dengan bentuk menarik sehngga anak bersemangat makan. Misalnya telur dadar dibuat berbentuk wajah orang dengan hiasan saos tomat sebagai mata, mulut dan sayut sebagai rambut.
  4. Perencanaan, artinya pikirkan sehari sebelumnya menu sarapan pagi untuk esok hari dan siapkan bahannya. Sehingga memasak sarapan bisa dikerjakan dalam waktu singkat.

1 komentar:

 
Toggle Footer
Top