Rabu, 15 Oktober 2014
0 komentar

HEPATOMEGALI ATAU PEMBESARAN ORGAN HATI

20.57
Dokter Ester Yth,
Dua tahun lalu, paman saya operasi batu empedudi rumah sakit. Sejak saat itu sudah tidak pernah terjadi kolik perut lagi. Namun sejak 2 bulan ini, perut paman rasanya bertambah besar. Paman mengeluh mual-mual, sebah dan senep. Sudah beberapa kali diperiksakan ke Puskesmas, dan diberi obat antasida, dan dua buah pil yang warnanya kuning dan putih. Lalu aman memeriksakannya ke dokter praktik swasta, dan dokter merujuk ke dokter bedah yang mengoperasi paman 2 tahun yang lalu. Kata dokter ada di surat rujukannya, diagnosa hepatomegali. Apa maksudnya dok? Apa artinya hepatomegali? Apa perlu di rujuk ke RS Bedah? Apa tidak di USG dulu? Karena kesulitan biaya kamu ke rumah sakit daerah, dan diperiksakan di sana. Dokter memberikan obat tertentu, dan 1 bulan lagi kontrol. Apa penyakit paman berbahaya? Dan perlu dioperasi? Terima kasih untuk jawabannya.
NN, di Karanganyar.


NN di Karanganyar,
Hepatomegali adalah pembesaran organ hati, merupakan tumor jinak jaringan hati/liver. Hepatomegali disebabkan beberapa hal. Salah satunya adalah infeksi hepatitis yang mengalami komplikasi, hepatomegali yang disebabkan pengobatan hepatitis yang tidak sempurna. Pengobatan yang tidak sempurna disebabkan oleh tidak teraturnya pengobatan atau kurang gizi, protein, vitamin, kalori, dan mineral. Penyebab pembesaran hepar yang lainnya adalah infeksi bakteri, virus atau amuba dan lain-lainnya. Untuk mengetahui kondisi liver perlu dilakukan pemeriksaan laborat yang lain, yaitu liver test, ultrasonografi, dan kalau perlu pemeriksaan mikroskopik jaringan hepar untuk mengetahui kepastian morfologis jaringan hepar, oleh dokter ahli patologi.
Sebaiknya segera ikuti aturan dan nasehat dokter. Kalau perlu konsultasikan lebih lanjut dan tanyakan sebanyak-banyaknya kepada dokter ahli tentang penyakit paman. Kalau perlu tidak ada salahnya minta second opinion ke dokter lain, agar mantap dalam mengambil keputusan untuk tindakan dokter yang akan dilakukan untuk paman anda. Jangan lupa berdoa agar memilih solusi yang terbaik.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top