Minggu, 05 Oktober 2014
2 komentar

TIGA BULAN PERUT SEBAH

21.00
Tanya:
Dokter Ester Yth,
Sudah kira-kira 3 bulan ini perut saya merasa ada masalah. Perut saya terasa sebah, penuh dan sering kembung. Pada saat kembung sering disertai nyeri di ulu hati, perut terasa keras, sampai kadang sesak nafas. Pada awal saya mengalami sakit ini, saya obati sendiri dengan minum obat promag yang saya beli di warung. Lalu sedikit sembuh. Mungkin karena terus diobati dengan obat maag, sekarang tidak mempan, oleh saran teman saya minum-minuman bersoda agar rasa kembung saya hilang dan bisa bersendawa. Namun sekarang sudah tidaka mempan juga, malah kalau minum-minuman bersoda, saya malah perih di perut. Tolong dok diberitahu bagaimana mengobati rasa sebah di perut ini, agar diberi makanan perut terasa enak, tidak kembung dan tidak sebah. Terimakasih.
Ny. T di kota K

Jawab:
Ny. K yang baik.
Bila perut terasa sebah dan kembung disebabkan adanya banyak gas di dalam rongga perut (maag/gaster) dan dalam rongga usus ini menimbulkan keluhan, rasa sakit, rasa sebah, mual-mual, nyeri perut, kembung, sendawa atau sering buang angin. Penyebab perut sebah bermacam-macam, diantaranya adalah adanya produksi gas yang berlebihan. Ini berasal dari minuman (soda, soft drink), makanan tertentu (nangka/sayur nangka/godek; lobak, kobis daun singkong, durian, sawi ubi jalar). Produksi gas yang berlebihan juga disebabkan oleh gangguan pencernaan, misalnya maldegesti, malabsortst, kekurangan enzim pencernaan, intoleransi kaktosa (alergi susu dan produk makanan yang mengandung susu hewan), pemakaian obat-obatan diabetes (acarbose). Selain itu produksi gas yang berlebihan bisa disebabkan oleh gangguan peristaltik (gerakan usus) melemah, karena infeksi, kekuranga ion kalium, atau efek samping obat-obat paparevin, atau kemungkinan adanya sumbatan usus oleh tumor.
Selain produksi gas yang berlebihan, penyebab perut sebah adalah menelan udara (aerophagia) yang terlalu banyak, misalnya pada saat maakan terburu-buru, makan sambil bicara, produksi air ludah berlebihan (merokok, makan permen karet, tukka lambung, penyakit ginjal, penyakit hati, dan penyakit kandung empedu). Cara mengatasi perut sebah dan kembung dengan cara mengeluarkan gas yang ada dalam perut  dan usus dengan cara kompres hangat di perut, obat-obatan yang mengandung simetione, dan enzim pencernaan. Sebaiknya saran saya carilah penyebabnya dengan segera [eriksa ke dokter terdekat. Perlu segera melakukan pemeriksaan USG perut dan laboratorium darah, sehingga ditemukan penyebabnya, dan diobati untuk menghilangkan penyebabnya. Semoga lekas sembuh.

2 komentar:

  1. mohon arah an nya bapak saya skrng mengalam i sakit diabets dan skrng sedang menjalan nin rawat inap di rs,dan skrng bapak mengalam i sakit perut mual,sebah,bagian bawah perut puser nya terasa perih namun dengan ada nya sakit perut tersebut saya mencoba melakukan kompres perut nya dengan air hangat dan minum air hangat atau sedikit panas tp tidak ada hasil malah tidak mau makan sama sekali terkadang makan nya hanya 1/4 suap an sudah merasakan mual
    mohon bantuaan nya ?
    salam saya
    miswan

    BalasHapus
  2. saya miswan yg mengomentari cerita yg saya alam i
    mohon bantuan nya
    salam saya
    miswan

    BalasHapus

 
Toggle Footer
Top