Jumat, 17 Oktober 2014
0 komentar

Hubungan Bronchitis dengan Sakit Kepala

20.50
Dokter Ester Yth,
    Saya ingin tahu, mengapa sejak saya pulang dari opname, di RS, karena Bronchitis, saya terserang sakit kepala terus menerus bahkan sudah satu bulan ini tidak bisa tidur. Terakhir saya kontrol ke RS, setelah opname saya masih diberi obat untuk bronchitis saya selama tiga hari, lalu saya tidak konsul lagi. Saat ini saya masih batuk tapi jarang. Hanya sesekali saja, kadang pagi, siang, sore atau malam waktu bekerja. Saya sungguh tersiksa kalau setiap malam tidak bisa tidur, karena memikirkan sakit saya ini. Apalagi anak saya masih kecil. Sebenarnya saya sakit apa? Mengapa saya tidak bisa tidur terus? O ya, Bu dokter saya ayah dari 1 anak, 1 tahun, saya sendiri berumur 34 tahun. Mohon diberitahu obat apa yang cocok untuk sakit saya. Saya bekerja di pabrik kertas. Terima kasih.
PN, Karanganyar

Jawaban:
Bapak PN, di Karanganyar
Sebaiknya anda periksa kepada dokter terdekat. Apakah tekanan darah anda normal atau tidak.tekana darah perlu diketahui sebagai petunjuk mengapa anda sakit kepala terus. Bila tekanan darah anda tinggi, sebaiknya diberi obat anti hipertensi. Mengapa anda sulit tidur? Kemungkinan anda terlalu cemas memikirkan penyakit anda, sehingga terjadi sakit kepala terus, dan susah tidur. Bila memang benar anda didiagnosa oleh dokter sebagai bronchitis dan sudah dinyatakan sembuh, tentunya anda tidak perlu cemas, karena tidak ada manfaatnya. Yang perlu dicek adalah apakah sakit kepala anda dan sulit tidur ini disebabkan oleh penyakit lain.
    Nanti bila sudah diperiksa ke dokter dan disebabkan oleh suatu penyakit, tentunya anda tidak usah cemas lagi, toh segala sesuatu pasti ada jalan keluarnya. Sesungguhnya, kira-kira 75%-80% penyakit diderita manusia disebabkan oleh karena pikirannya sendiri. Takut, cemas, gelisah bisa menurunkan sistem imuntas manusia sehingga rentan terhadap sakit-penyakit, sehingga gampang sakit, entah itu sakit kepala, penyakit infeksi, seperti Bronchiti, penyakit alergi dan sebagainya. Saran saya tetaplah lakukan pola hidup sehat, berpikir positif, makan minum bergizi seimbang, dan olagraga rutin. Jangan lupa selalu berdoa, berserah kepada-Nya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top