Kamis, 09 Oktober 2014
0 komentar

PERIH SAAT KENCING DAN BERDARAH

18.16
Tanya:
Dokter Ester Yth,
Sudah 2 minggu ini Dok, saya mengalami sakit waktu buang air kecil. Rasanya sakit sekali, perih. Badan saya tidak panas, juga selama 2 minggu ini. Saya belum berobat ke dokter, takut ada apa-apa. Saya sampai menahan haus dan lapar karena takut kencing. Bila minum saya takut nanti terus kencing sehingga harus merasakan sakit ini. Tolong dong, apa obatnya dok? Saya adalah pekerja serabutan. Kadang dapat order, ya jual, tapi kalau enggak saya buat kerajinan. Untuk duduk tidak sakit. Hanya kalau kencing. Apa saya sakit ginjal? Mengapa saya sampai begini? Apa penyebabnya dok? Tolong dijawab secepatnya!
Wawan, Karanganyar.

Jawab:
Sdr, Wawan di Karanganyar
Mengapa tidak segera ke dokter? Bukankah lbih cepat diketahui penyakitnya lebih cepat diobati dan lebih cepat sembuh serta lebih kecil akibat komplikasinya. Saya sarankan anda segera ke dokter umum terdekat untuk mendapatkan pengobatan secepatnya.
Apabila seorang mengeluarkan kencing bercampur darah pada saat buang air kecil, bersar kemungkinan adanya infeksi di dalam saluran kencing. Bila tidak ada panas, kemungkinan darah tersebut berasal dari sel-sel yang rupture (hancur) dan lepas dari jaringan saluran kencing, sehingga mengeluarkan darah. Bisa rupture dari jaringan ureter (saluran yang menghubungkan ginjal dan kandun kemih) bisa berasal dari jaringan  nefron  (ginjal sendiri) atau bisa juga dari dinding vesica urinaria (kandung kemih) yang mengalami rupture. Ruptur tersebut bisa disebabkan oleh adanya benda asing mungkin batu ginjal atau mungkin penyebab lain yang belum diketahui.
Untuk langkah pertama, secepatnya mungkin ke dokter agar diberi obat anti biotic dan menghentikan pendarahan tersebut. Hindari kebiasaan menahan kencing yang memberikan kesempatan menumpuknya sedimen urin sehingga urin/kencing tidak lancer. Minum air putih yang banyak agar aliran kencing lancer, dan ginjal sehat.
Tindakan anda yang menahan kencing, sangat tidak bijaksana, karena justru menambah parah sakit anda. Usahakan kencing teratur, celana dalam diusahaka tetap bersih dan kering, setiap hari diganti dengan yang bersih. Ceboklah dengan air yang bersih, kalau perlu air hangat.
Ceboklah dengan gerakan tangan dari arah depan menuju ke belakang. Hindari pemakaian obat-obatan dalam, handuk dan pakaian orang lain secara bersama. Makan yang banyak, cukup sayur, dan buah. Jangan lupa istirahat yang cukup.
Semoga Tuhan cepat memberikan kesembuhan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top