Jumat, 03 Oktober 2014
One komentar

Pro dan Kontra Cuka Apel

17.40
 Tanya:
Dokter Ester Yth,
Saya sering mendengar kesaksian orang yang minum cuka apel, saya juga membaca di surat kabar atau koran ada yang sembuh dari sakit setelah minum cuka apel. Apakah baik mengkonsumsi cuka apel bila kita punya sakit maag yang cukup parah? Bila boleh, apakah tidak mempengaruhi kandungan bila yang minum istri saya?
Manfaat mana, cuka apel atau sari apel untuk kesehatan? Saya juga mendengar kalau air jeruk nipis justru menyembuhkan penyakit maag. Benarkah?
Atas penjelasan dokter, saya ucapkan terimakasih.
Sdr. Koko, Solo.

Jawab:
Sdr. Koko di Solo,
Cuka apel yang banyak dijual di pasaran, dipercaya orang bisa menyembuhkan bermacam-macam penyakit. Bila promosi suatu obat gencar akan memberikan sugesti pada konsumen sehingga orang mau meminumnya. Sebenarnya dari komposisi zat-zat yang terkandung dalam cuka apel, yang berperan menyembuhkan adalah zat pektin, kalium, dan magnesium yang terdapat dalam buah apel segar. Tanpa diubah menjadi cuka apel pun, zat-zat tersebut sangat bermanfaat.
Pektin sendiri digunakan untuk menyembuhkan diare, dan merupakan serat alami yang dapat menghambat absorbs glukosa dan lemak makanan di usus. Adanya serat alami tersebut, secara tidak langsung membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol pada penderita hiperkolesterolemi, diabetes militus, stroke, dan hipertensi yang disebabkan oleh perlemahan dinding pembuluh darah (atherosclerosis).
Kandungan unsur kalium dan magnesium yang ada dalam apel segar dalam jumlah sedikit dibandingkan buah lain (tomat, belimbing) memperbaiki sistem peredaran darah. Tanpa diubah menjadi cuka pun, zat-zat di atas dapat kita peroleh dalam apel segar. Cuka apel sendiri adalah hasil fermentasi sari buah apel segar. Dengan fermentasi zat makanan menjadi lebih awet, dan unsur serat meningkat.
Jadi lebih baik yang mana, antara sari buah apel dan cuka apel, tergantung kebutuhan kita. Pasien gastritis (sakit maag) terjadi karena asam lambung berlebihan diproduksi, jika minum dan makan yang asam-asam, akan semakin memperparah sakit tersebut, akan semakin bertambah asam. Jika minum cuka apel diteruskan, akan memperparah penyakit gastritis tersebut.
Untuk pasien yang sedang hamil dan belum hamil tapi ingin hamil sebaiknya menghindari makanan minuman yang diawetkan, lebih baik makan dan minum yang segar dan bergizi.

1 komentar:

 
Toggle Footer
Top