Jumat, 10 Oktober 2014
0 komentar

BAGAIMANA JIKA HAID TERLAMBAT DATANG

21.58
Dokter Ester Yth,
Saya sudah 3 bulan ini tidak mendapat haid. Umur saya 13 tahun, saya sudah mencoba minum jamu untuk terlambat bulan. Saya sudah minum obat untuk memancing haid saya. Tapi sudah 3 bulan ini saya belum berhasil menstruasi lagi. Kepala saya pusing. Saya bingung. Apakah saya hamil? Benarkah saya punya penyakit berbahaya? Apa penyebab saya terlambat haid? Apa ciri-ciri orang yang hamil? Kalau belum berhubungan apa bisa hamil? Apa yang harus saya lakukan? Saya malu kalau periksa ke dokter kandungan. Bisakah dokter memberi jalan keluar supaya saya tidak usah ke dokter? Terimakasih dok untuk jawabannya, saya sangat menunggu.
NN, di kota x.


Nona NN di kota x,
Anda tidak usah bingung dan sedih, anda tidak sendiri. Banyak kok pasien yang mengalami masalah seperti anda. Mestinya orang yang belum berhubungan sex tidak akan hamil, jadi anda tidak perlu khawatir. Tanda-tanda orang yang hamil tentunya tidak mendapat haid, setelah itu payudara kencang dan berisi, mual-mual sampai muntah, sampai pembesaran buah dada dan uterus (rahim) yang terlihat dari perut bertambah besar. Kalau tanda-tanda itu tidak ada berarti bukan kehamilan., tentunya anda tidak usah kuatir. Tapi untuk memastikan hamil dan tidaknya, ketika terlambat haid satu bulan pun, bisa dideteksi dengan tes kehamilan, yaitu tes urin untuk megetahui adanya hormon kehamilan di dalam tubuh ibu hamil. Tes kehamilan banyak dijual di apotik dan supermarket.
Kalau memang tes kehamilan anda negatif, tentunya ada penyebab lain yang perlu dilakukan tes-tes dan pemeriksaan lebih lanjut. Saran saya sebaiknya ke dokter. Pada kebanyakan pasien yang saya periksa penyebabnya adalah ketidakseimbangan hormon dan faktor gizi kurang. Kebanyakan pasien punya tekanan darah rendah, kurang vitamin dan zat gizi, kurang zat besi, dan anemia. Agar lebih jelas dan haid segera normal, saya sarankan segera ke dokter.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top