Minggu, 05 Oktober 2014
0 komentar

GROGI TAMPIL DI DEPAN UMUM

21.04
Mbak Naomi Yth, 
Saya seorang mahasiswa semester dua di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, jadi bisa dipastikan saya adalah calon seorang guru (semoga bisa tercapai). Saya pribadi memang sangat mencintai anak-anak dan dunia pendidikan, Mbak. Tapi sayang, ada satu hal yang masih mengganjal dan saya takut bisa menghambat cita-cita saya nanti, yakni penyakit gemetar setengah mati alias grogi jika tampil di depan umum. Keluar keringat dingin di telapak tangan, kaki gemetaran , dan bicara terbata-bata. Bagaimana ini, Mbak? Bukankah profesi saya nanti selalu berkaitan dengan berbicara di depan umum, baik dengan murid ataupun khalayak umum?
Sebenarnya saya tidak termasuk anak yang gaul Mbak, banyak teman, ramah, dan bersahabat. Saya berkomunikasi baik dengan teman-teman. Berbeda dengan di rumah, saya jadi lebih pendiam seperti saudara-saudara saya, karena ayah saya galak jadi takut kalau salah bicara. Mungkin rasa takut itu terbawa saat tampil di depan umum. Bagaimana mengatasi hal ini, Mbak? Karena sebagai mahasiswa saya dituntut untuk bisa presentasi ataupun memaparkan sesuatu di depan dosen dan teman-teman mahasiswa. Saya juga ingin jadi guru yang baik, yang tidak grogi jika mengajar di depan murid-murid. Terimakasih.
Nn. Rosalina Ponorogo
Sdri. Rosalina yang baik, 
Menurut penelitian para ahli, hampir semua orang mengalami ketakuan, grogi, gemetar, ataupun kecemasan yang lain ketika harus tampil di depan umum. Itu normal dan wajar, bahkan dialami juga oleh presenter terkenal awal memulai kariernya. Tentu saja hal ini sangat mengganggu, karena acara yang kita bawakan menjadi amburadul dan tidak berjalan mulus seperti yang kita harapkan. Lalu, bagaimana kuncinya untuk mengatasi hal ini? Tentu saja diperlukan latihan yang keras dan terus menerus. Ingat slogan, semua bisa karena biasa. Nah, jika ingin sukses di depan umum, ya harus sering berlatih dengan banyak bicara di depan umum. 
Latar belakang seperti Anda, dibesarkan dalam keluarga yang tak selalu mau mendengarkan pendapat anak-anaknya menjadikan Anda sebagai pribadi yang pasif dan kurang berani dalam berbuat sesuatu. Termasuk jika harus tampil di depan umum, biasanya jadi linglung, muka pucat pasi, berlidah kelu dan gemetaran. Itu karena rasa takut berlebihan yang dirasakan, seperti takut salah, takut omongannya kurang menarik, takut penampilannya kurang perfect, atau mungkin ada yang ditaksir di situ sehingga malu, dan sebagainya. Ketika merasakan hal itu, darah dalam tubuh manusia dikirim ke otot-otot untuk memerangi musuh yang dianggap menakutkan tersebut sehingga yang muncul adalah tangan berkeringat, gemetaran, dan sebagainya.
Jika Anda ingin mengatasinya, banyaklah berlatih. Bacalah buku-buku yang memberikan tips-tips bagaimana cara berpidato atau bicara di depan umum, lalu praktikkanlah. Semakin Anda sering latihan, maka Anda akan semakin luwes dan biasa tampil tanpa rasa takut, dan bisa menunjang karier Anda nanti. Selamat mencoba dan salam.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top