Kamis, 02 Oktober 2014
0 komentar

MENGELUARKAN KERINGAT BERLEBIHAN

21.46

Halo dr Ester,
Kenalkan nama saya Ririn. Saya ibu rumah tangga, belum punya anak, berat badan saya 53 kg dan tinggi 160 cm. saya bekerja sebagai sales produk alat-alat rumah tangga. Sejak saya bekerja saya sering mengeluarkan keringat berlebihan. Sebenarnya sejak dulu, remaja saya memang mengalami masalah keringat berlebihan. Telapak tangan saya sering basah dan berkeringat. Apalagi jika turun dari kendaraan atau saat bekerja di lapangan keringat saya bercucuran, terutama di bagian ketiak. Saya sudah memakai deodorant, yang anti perspirant. Namun mengapa masih juga banyak keringat? Apakah ada penyakit berbahaya? Hal ini sangat mengganggu pekerjaan saya. Apakah ada obat atau cara lain untuk mengurangi keringat berlebihan ini? Terimakasih untuk jawaban dan sarannya.
Ny. Ririn – Surakarta

Jawab:
Ny. Ririn di Surakarta
Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan mengeluarkan keringat berlebihan pada tubuh. Diantaranya adalah pakaian yang dikenakan pada saat bekerja terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat atau menggunakan kain berlapis-lapis, serta anda sering membawa beban berat badan paa saat bekerja di lapangan, hal tersebut dapat memicu pengeluaran keringat berlebihan.
Keringat yang berlebihan juga bisa menjadi gejala suatu penyakit yang menyerang tubuh. Biasanya menjelang flu atau penyakit-penyakit lain yang disebabkan oleh infeksi seperti tifus. Bisa juga merupakan gejala dari penyakit non infeksi seperti kelenjar gongok yang tidak tampak dari luar. Kelenjar gondok (=kelenjar tiroid) ini justru bengkak di dalam tubuh. Untuk mengetahui pembengkakan kelenjar tiroid ini dapat diperiksakan ke dokter dan laboratorium.
Pemakaian deodorant yang sudah anda lakukan sudah benar. Namun perlu anda ketahui bahwa fungsi deodorant bukanlah untuk menghilangkan keringat, tapi hanya mengurangi atau meminimalis keluarnya keringat.
Faktor yang tak kalah penting adalah faktor stress. Rasa cemas, khawatir dan stress pekerjaan dan pikiran juga memicu timbulnya keringat berlebihan. Jika anda sering mengalami hal tersebut, tentu saja keringat mengucur deras. Jika memang faktor stress dan cemas, sebenarnya dapat diobati dengan obat-obatan kimia maupun pengobatan kejiwaan. Sebaiknya anda periksakan ke dokter dan kurangilah stress dengan beristirahat cukup. Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top