Kamis, 16 Oktober 2014
0 komentar

MINUM OBAT MEMBUAT MENS TAK LANCAR?

22.35
Dokter Ester Yth,
Sudah tiga bulan ini menstruasi saya tidak teratur. Selama tiga bulan ini saya minum obat-obatan dari dokter spesialis jiwa, karena saya depresi berat dan sulit tidur. Saya wanita, umur 31 tahun, ibu rumah tangga dengan 3 anak yang masih kecil-kecil. Saya harus minum obat terus atas anjuran dokter, tetapi menstruasi saya menjadi sedikit-sedikit, jarang dan tidak teratur. Mulut dan vagina saya kering. Pernah suatu saat saya berhenti minum obat dan akibatnya saya sulit tidur dan vagina saya tidak terlalu kering. Jadi apakah akibat efek dari obat anti depresi membuat menstruasi saya tidak teratur? Terus terang saya sudah repot mengurus anak, apakah saya masih bisa hamil? Jika dokter menganjurkan minum obat terus, bagaimana cara mengatasi efek samping obat tersebut? Saya tidak boleh putus obat sampai saya benar-benar sembuh. Sekarang kalau untuk hubungan dengan suami kadang-kadang terasa nyeri. Bolehkah memakai pelumas yang dijual di apotik? Mohon penjelasannya Dok, dan terimakasih.
Ny. Krisna Karanganyar

Memang pemakaian beberapa macam obat dapat mengganggu sistem reproduksi, biasanya paling berpengaruh adalah faktor hormonal. Ketidakseimbangan hormone ini membuat vagina terasa kering. Seharusnya untuk pengobatan depresi Anda tidak perlu sampai mengganggu kehidupan seksual suami-istri. Justru bila hubungan suami-istri semakin membaik, hal ini akan sangat membantu kesembuhan depresi Anda. Untuk mengatasi gangguan vagian dan iritasi misalnya, sebaiknya digunakan pelicin tambahan yang banyak dipakai dan dijual bebas di apotik.
Bila masih mau menghasilkan keturunan, sebaiknya tidak memakai pelicin yang berbentuk oil (minyak), tetapi pakailah pelicin yang bersifat larut dalam air seperti jelly. Banyak pilihan di apotik. Mengingat Anda masih 31 tahun, masih sangat mungkin untuk hamil lagi, saya sarankan ikuti program KB. Datanglah ke dokter untuk memilihkan alat kontrasepsi yang cocok untuk Anda. Saya turut berdoa agar Anda cepat sembuh dari depresi dan sehat seperti sedia kala. Tuhan menolong Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top